Bus Berbahan Bakar Minyak Jelantah, Kabar Gembira Buat Lingkungan Hidup

Biskota Bogor Transpakuan, telah memulai menggunakan biodiesel jelantah dengan komposisi 20% biodiesel dan 80% petroleum diesel (solar). Penggunaan biodiesel ini telah diawali dengan percobaan-percobaan sebelumnya yang telah dilakukan oleh Bapak Hasim Hanafie dan ternyata hasilnya sangat memuaskan. Kendaraan diesel yang diisi biodiesel jelantah 100 % ternyata lebih bertenaga karena bilangan cetane yang lebih tinggi dan gas buangan yang berwarna putih bersih serta harum. Minyak jelantah bisa dibeli di pengumpul-pengumpul jelantah di seluruh Indonesia dengan harga sekitar 1.500 sampai 2.000 rupiah per liter.

Harga biodiesel pembelian Pertamina adalah sekitar 7.000 rupiah per liter sementara biaya pemrosesan minyak jelantah menjadi biodiesel jelantah adalah hanya 2.500 rupiah per liter jelantah sehingga konversi diesel petroleum ke diesel jelantah menjadi suatu peluang usaha UKM yang baik dan peluang usaha yang ramah lingkungan. Untuk 1 liter minyak jelantah yang telah disaring menghasilkan kurang lebih 0.8 liter biodiesel jelantah.

Bagi yang berminat membeli mesin pemroses biodiesel jelantah untuk suatu usaha UKM, silahkan menghubungi Bapak Hasim Hanafie dengan email hasim-hanafie@theheritage.or.id atau ke telpon 0816 112 6264. Bapak Hasim Hanafie adalah juga salah satu penulis buku Biodiesel dari Jarak Pagar yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. The Heritage Foundation telah mengaplikasikan 100% biodiesel yang dihasilkan dari minyak jelantah pada mobil operasional Foundation Highline.

Dari suatu situs

One response

  1. saya mau minta tolong untuk informasi tentang alamat pengumpul muinyak jelantah terbesar di jabodetabek dan jawa barat. kebetulan saya ada rencana pengembangan biodisel dari minyak jelantah.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s