Penyediaan Rosella (2)


INFO
Ir Didah Nurfarida MSi, periset Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor menemukan kandungan antioksidan pada teh kelopak merah pada 2006. Jumlahnya 1,7 mmmol/prolox, lebih tinggi dibanding kumis kucing yang antioksidannya teruji klinis meluruhkan batu ginjal.

Jumlah antioksidan itu diperoleh dengan menggerus 3 kuntum rosela menjadi 1,5 g bubuk dan diberi air 200 ml. Hasilnya dimasukkan ke spektrofotometer. Alat itu menganalisis seluruh kandungan kimia berdasarkan panjang gelombang yang dibiaskan larutan.

Tiap 100 gr mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. Kandungan vitamin C 3 kali lipat anggur hitam, 9 kali lipat jeruk sitrus, 10 kali lipat lebih besar dari buah belimbing dan 2,5 kali lipat dibanding vitamin C dalam jambu biji (kelutuk). Selain itu Teh Rosella mengandung KALSIUM tinggi ( 486 mg / 100 gr) , Magnesium serta Omega 3. Teh Rosella juga diperkaya Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen & Asam Esensial. Dengan adanya antioksidan, sel-sel radikal bebas yang merusak inti sel dapat dihilangkan, kata Didah. Itu sebabnya rosela memiliki efek antikanker. Yang paling berperan adalah antosianin. Antosianin pigmen tumbuhan berperan menjaga kerusakan sel akibat peyerapan sinar ultraviolet berlebih. Di dalamnya pun terkandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga rosela, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, rosela juga mengandung protein dan kalsium.


Berguna juga untuk mencegah penyakit kanker dan radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air (BAB/Buang Air Besar & BAK/Buang Air Kecil). Sebagai obat tradisional, rosela berkhasiat sebagai antiseptik, aprodisiak,onthelmintic<(membasmi cacing)
,antibakteri,antiradang, menurunkan panas, meluruhkan dahak, menurunkan tekanan darah, mengurangi kekentalan darah, dan menstimulasi gerak peristaltik usus, diuretik(melancarkan air seni), pelarut, sedativ, dan tonik, Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, Menormalkan kadar GULA DARAH , ASAM URAT dan KOLESTEROL dalam tubuh, Baik untuk PEROKOK karena dapat mengurangi dampak negatif dari Nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap NARKOBA seta mencegah KANKER, Mengatasi BATUK, Sakit Tenggorokan, Mengobati Sariawan, Mengawetkan kehalusan kulit dan Mengurangi Keriput, Dapat menurunkan berat badan, cocok untuk program diet, Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri , anti virus serta dapat mengobati keracunan, Bagi Anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan OTAK, karena mengandung OMEGA-3 dan memacu pertumbuhan DHA, Memperbaiki metabolisme tubuh, memperlambat menopouse dan tulang keropos / pengapuran tulang, wasir/ambeyen.


Testimonial

Kisah 1
Zuraida merasakan langsung khasiat rosela menurunkan kadar darah tingginya yang diidap selama 15 tahun. Ibu 4 anak itu kerap pusing, mual, dan panas di kepala. Lantaran menganggapnya sakit kepala biasa, mantan guru Biologi SMA 13 Jakarta itu hanya mengkonsumsi obat-obatan warung. Namun, lama-kelamaan nyeri kepala semakin parah. Seperti dipukul palu, katanya. Jika sudah begitu, ia tak sanggup berjalan lantaran kehilangan keseimbangan.Penderitaan itu dialami selama 1 tahun. Hingga pada 1990 ia berkonsultasi ke ahli medis. Hasil didiagnosis Zuraida mengidap hipertensi. Itu lantaran sejak pensiun pola makannya tak teratur. Maklum, sebagai keturunan etnis Minangkabau, makanan pedas, bersantan, dan berlemak tinggi selalu terhidang di meja. Selama 15 tahun wanita kelahiran 16 Desember 1944 itu bergantung pada obat kimia resep dokter.

Akhir Januari 2006, saat berkunjung ke sebuah pameran, Zuraida disodori teh hangat berwarna merah. Tanpa mengetahui khasiatnya, Zuraida rutin mengkonsumsi teh vinagreira-rosela dalam bahasa Portugis-karena berasa kecut menyegarkan.

Setelah mengkonsumsi selama 1 bulan, nenek 3 cucu itu merasa lebih tenang lantaran kekakuan saraf dan ketegangan leher akibat hipertensi hilang. Merasa lebih bugar dan nyenyak tidur, Zuraida memeriksakan diri ke dokter. Tekanan darahnya turun 80 poin dari 200 mmHg menjadi 120 mmHg.

Kisah 2
Sudah kesekian kalinya pak ucup merasakan sakit pada perutnya dan juga pada anusnya ketika ia lupa ketika makan makanan yang mengandung asam dan pedas, karena penyakit wasir yang di deritanya sudah cukup parah. Namun ia adalah seseorang yang tipenya tidak percaya akan ucapan dan diagnosa dokter, dia hanya ingin menikmati hidup tanpa harus memantang dirinya terhadap makanan tertentu. Suatu hari, ada salah seorang teman kantornya menawarkan suatu bunga-bungaan, yang katanya bisa meringankan penyakit yang di deritanya itu. Ia akhirnya mencobanya dengan rutin. walhasil Pria yang menjadi pegawai BUMN ini sudah merasakan hasilnya dalam 5 hari, dan ia rutin meminum rebusan bunga tersebut tiap pagi dan sore. Ia tidak lagi memiliki keluhan atas apapun makanan yang di makannya.

Teruji Khasiat kelopak zuring-sebutan rosela dalam bahasa Belanda-untuk hipertensi dibuktikan Abd Al-Aziz Sharaf dari Sudan Research Unit, Institute of African and Asian Studies. Seperti dikutip Planta Medical Journal pada 1962, kelopak rosela bersifat hipotensif-antihipertensi-dan antikejang pernapasan. Tiga puluh tujuh tahun kemudian, sifat antihipertensi itu diuji secara klinis oleh M. Haji Faraji dan A.H. Haji Tarkhani dari Shaheed Beheshti University of Medical Sciences and Health Services, Teheran, Iran. Sebanyak 54 pasien bertekanan darah tinggi di Tehran’s Shariati Hospital dihitung tekanan diastolik dan sistoliknya 15 hari sebelum dan sesudah pengujian.

Pasien diberi konsumsi secangkir teh seduhan 3 kuntum bunga rosela. Setelah 12 hari, nilai sistolik pasien rata-rata turun 11,2%, tekanan diastolik turun 10.7%. Namun, saat konsumsi rosela dihentikan 3 hari, tekanan sistolik meningkat 7,9%; diastolik 5,6%. Itu membuktikan rosela memang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kisah Penyebaran Rosella

Budak Afrika Setelah bibitnya dibawa ke seluruh dunia oleh budak Afrika yang bekerja di Indonesia, rosela mulai ditumbuhkan di Jamaika pada 1707. rosela dimakan mentah sebagai salad. Di sini rosela disuguhkan sebagai minuman tradisional saat natal. Caranya dicampur dengan irisan jahe dan gula, lalu dan ditaruh pada teko tembikar. Setelah itu didihkan dan diamkan semalam.
Disajikannya dengan es dan tambahan rum. Jus itu berasa, beraroma, dan berwarna mirip minuman anggur. Ternyata pohon yang pernah dilihat M de L’Obel di sebuah halaman rumah 344 tahun lalu, memiliki beragam khasiat dan kegunaan. Untunglah rosela kini kembali marak di Indonesia. Dengan begitu manfaat rosela yang dirasakan di Afrika juga bisa diperoleh di Indonesia.

Saran Penyajian


Cukup dengan menyeduh atau merebus 3-4 buah kelopak kedalam 200ml air panas mendidih, tunggu 5 menit. Dapat ditambahkan gula atau madu. Bisa juga di tambahkan es untuk penyajian dingin.

(dari berbagai sumber)

Penyediaan

Tersedia dalam kemasan kecil dan sedang menerima pesanan besar
Rp.5000/bks kecil, 5x pemakaian (ready stok), –>untuk pembelian 4 bungkus, gratis 1
Rp.10.000/bks sedang, 10x pemakaian (ready stok)

Hubungi saya di nomor telepon 08998104803
YM cute_mouse4ia10
Kirim IM

3 responses

  1. Itu harganya dah sama ongkos kirim belum yahh?

    Kusuma said : kalo jumlahnya kiloan sudah pak.. terutama kalo masih bisa di jangkau,
    daerah depok UI, kelapa2, tangerang, senen

  2. Ping-balik: Rosella 3 « Be&Bu

  3. Wah, testimoni nya kurang tuyh…
    gw tambahin yah, awalnya gw suka minum wat jaga stamina ajah, selain gw suka rasanya yang asem2 manis gituh. Ttp suatu saat gw kasih cwe gw minum ini pas dya lg datang bulan, dan bysanya dya slalu mengeluh sakit di perutnya, dan tanpa gw taw ini gunanya pa, gw kasih dya minum hangat2 pake gula biar manis rasanya. Dya suka rasanya yang kayak sirup, dan beberapa saat kemudian sakit datang bulannya hulang, dya jadi gak ngerasa sakit, dan gw jd tenang karena gak ngaliat cwe gw kesakitan lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s