CPNSD KOTA BEKASI

W A L I K O T A B E K A S I

P E N G U M U M A N

Nomor : 813/2605-BKD/ XI/2008

TENTANG

PENDAFTARAN DAN SELEKSI PENGADAAN

CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH (CPNSD)

KOTA BEKASI TAHUN ANGGARAN 2008

Berdasarkan Penetapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia tentang Persetujuan Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kota Bekasi Tahun Anggaran 2008, Pemerintah Kota Bekasi membuka kesempatan bagi yang berminat untuk mengikuti Seleksi CPNSD Kota Bekasi Tahun Anggaran 2008, dengan jenjang pendidikan, keahlian dan syarat-syarat sebagai berikut :

NO
JABATAN YANG DILAMAR
KODE
JENIS PENDIDIKAN/
JUMLAH

LAMARAN
JURUSAN
FORMASI

1
2
3
4
5

I.
TENAGA PENDIDIKAN

A.
1
Guru SMA BP/BK
11119
S1/AIV
BP/BK
20

2
Guru SMA Bahasa Inggris
11216
S1/AIV
Bahasa Inggris
4

3
Guru SMA Bahasa Jepang
11317
S1/AIV
Bahasa Jepang
4

4
Guru SMA Agama Islam
11413
S1/AIV
Agama Islam
8

5
Guru SMA Agama Kristen
11514
S1/AIV
Agama Kristen
3

6
Guru SMA Bhs Indonesia
11615
S1/AIV
Bahasa Indonesia
2

7
Guru SMA Bahasa Sunda
11718
S1/AIV
Bahasa Sunda
1

8
Guru SMA Sejarah
11830
S1/AIV
Sejarah
2

9
Guru SMA Penjaskes
11929
S1/AIV
Penjaskes
1

10
Guru SMA Matematika
12026
S1/AIV
Matematika
2

11
Guru SMA Fisika
12122
S1/AIV
Fisika
2

12
Guru SMA Biologi
12220
S1/AIV
Biologi
1

13
Guru SMA Kimia
12325
S1/AIV
Kimia
2

14
Guru SMA Ekonomi
12421
S1/AIV
Ekonomi
2

15
Guru SMA Sosiologi Antropologi
12531
S1/AIV
Sosiologi Antropologi
1

16
Guru SMA Geografi
12623
S1/AIV
Geografi
1

17
Guru SMA Pendidikan Seni
12728
S1/AIV
Pendidikan Seni
2

18
Guru SMA Teknik Informatika Komputer/TIK
12824
S1/AIV
Informatika Komputer
1

B.
1
Guru SMK BP/BK
12919
S1/AIV
BP/BK
5

2
Guru SMK Tata Negara
13033
S1/AIV
Tata Negara
15

3
Guru SMK Otomotif
13127
S1/AIV
Pend Tek Otomotif
9

4
Guru SMK Tata Busana
13232
S1/AIV
Tata Busana
2

Jumlah Tenaga Pendidikan
90

II.
TENAGA KESEHATAN

1
Penata Gizi
21163
D III
Gizi
4

2
Analis Kesehatan
21256
D III
Analis Kesehatan
2

3
Anestesi
21361
D III
Anestesi
1

4
Apoteker
21436
S1
Apoteker
3

21411
S2
Apoteker
1

5
Asisten Apoteker
21562
D III
Farmasi
4

12

1

1
2
3
4
5

6
Bidan
21664
D III
Kebidanan
17

7
Dokter Gigi
21738
S1
Dokter Gigi
19

8
Dokter Umum
21839
S1
Dokter Umum
60

9
Okupasi Terapi
21966
D III
Okupasi Terapi
1

10
Perawat
22057
D III
Keperawatan
10

22045
S1
Keperawatan
2

11
Perawat Gigi
22158
D III
Akademi Perawat Gigi
10

12
Pranata LabKes
22256
D III
Akademi Analis Kesehatan
4

22257
D III
Akademi Keperawatan
13

13
Radiografer
22369
D III
Radiografer
2

14
Rekam Medik
22470
D III
Rekam Medik
4

15
Sanitarian
22559
D III
Akadm. Kesehatan Lingk.
5

16
Teknik Elektromedik
22671
D III
Teknik Elektromedik
2

17
Terapi Wicara
22779
D III
Terapi Wicara
1

Jumlah Tenaga Kesehatan
165

III.
TENAGA TEKNIS/STRATEGIS

1
Pranata Komputer
31165
D III
Komputer/Manajemen Informatika
1

31146
S1
Komputer/Manajemen Informatika
3

2
Penyuluh Perindag
31249
S1
Tek. Industri/Ekon. Perusahaan/Adm. Niaga
5

3
Penyuluh Peternakan
31367
D III
Peternakan
1

4
Pengendali Dampak
31473
D III
Teknik Lingkungan
1

Lingkungan
31472
D III
Teknik Kimia
1

31450
S1
Tek. Lingkungan/ Tek. Industri
3

31451
S1
Teknik Kimia/ Fisika
1

5
Pengawas Alat-alat Berat
31575
D III
Teknik Mesin
1

31552
S1
Teknik Mesin
2

6
Asesor
31648
S1
Psikologi
1

31612
S2
Psikologi
2

7
Operator Transmisi Sandi
31777
D III
Telekomnksi/ Mnj. Informatika
1

8
Operator Telekomunikasi
31878
D III
Telekomunikasi/ Manajamen
2

9
Pemberi Konsultasi dan Bantuan Hukum
31943
S1
Hukum
1

10
Penata Laporan Keuangan
32035
S1
Akuntansi
10

11
Pranata Humas
32147
S1
Komunikasi/Hub. Masyarakat
1

12
Analis Hukum
32243
S1
Hukum
2

13
Penyusun Bahan Informasi & Laporan
32353
S1
Teknik Sipil
2

14
Perencana Bendahara Barang
32444
S1
Ilmu Pemerintahan/ Manajemen
2

15
Pengawas Sistem Transportasi
32554
S1
Teknik Sipil Transportasi
1

16
Protokol
32634
S1
Adm. Negara/Bahasa Inggris
2

17
Perancang Peraturan Perundang-Undangan
32743
S1
Hukum
1

18
Analis Perekonomian
32842
S1
Ekonomi/Ekon. Pembangunan/ Mnj/Perbangkan
3

19
Perencana
32940
S1
Ekon. Pembangunan/ Ilmu Pemerintahan/ Manajemen
2

20
Auditor
33041
S1
Ekon. Pembgn/Ilmu Pemerthn
2

21
Pengawas Tata Bangunan
33168
D III
Planologi
1

& Perumahan
33155
S1
Teknik Sipil/Arsitektur
2

22
Pengawas Teknik Jalan & Jembatan
33253
S1
Teknik Sipil
1

23
Teknisi Bangunan dan Instalasi Air
33376
D III
Teknik Sipil
1

24
Verifikatur Keuangan
33460
D III
Akuntansi
10

25
Teknisi Listrik, Telepon, AC, dan Lift
33574
D III
Teknik Listrik/Mesin
1

36
Arsiparis
33637
S1
Arsip/Perpustakaan
1

Jumlah Tenaga Teknis/Strategis
71

JUMLAH TOTAL
326

2

A. PERSYARATAN UMUM :

1. Warga Negara Republik Indonesia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Bekasi yang masih berlaku;

3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, anggota TNI dan POLRI;

4. Tidak pernah dijatuhi hukuman penjara atau hukuman kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;

5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Swasta;

6. Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang sesuai/relevan dengan kebutuhan;

7. Bersedia melepaskan jabatan pengurus dan/atau anggota partai politik pada saat dinyatakan lulus sebagai CPNSD bagi pengurus dan/atau anggota partai politik.

B. PERSYARATAN KHUSUS :

1. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per 1 Februari 2009;

2. Pelamar tenaga guru dan tenaga kesehatan, harus berusia setinggi-tingginya 40 tahun harus telah mengabdi kepada satuan kerja/Instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah sekurang-kurangnya 11 tahun 10 bulan secara terus menerus terhitung sampai dengan tanggal 1 Februari 2009;

3. Memiliki ijazah dan transkrip nilai dari Akademi/Sekolah/ Perguruan Tinggi yang terakreditasi dari BAN-PT atau telah mendapat Izin Penyelenggaraan/ Operasional dari Menteri yang bertangung jawab di bidang Pendidikan Nasional atau ijazahnya harus ditandasahkan oleh KOPERTIS bagi perguruan tinggi sebelum dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 184/V/2001 tanggal 23 November 2001, sesuai kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dengan IPK minimal untuk Eksakta 2,5 dan Non Eksakta 2,75;

4. Pelamar dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus melampirkan surat penetapan pengakuan sederajat dari MENDIKNAS;

5. Pelamar Tenaga Kependidikan (Guru) harus melampirkan fotokopi Akta Mengajar/ A-IV;

6. Berkelakuan baik dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres Metro Kota Bekasi;

7. Telah terdaftar pada Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/I)/ Kartu Kuning;

8. Berbadan sehat dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (Puskesmas/RS Pemerintah).

C. TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN :

1. Surat Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam huruf kapital dan ditandatangani, ditujukan kepada Walikota Bekasi dengan melampirkan Checklist Kelengkapan Data Pelamar (format terlampir/ dapat diperoleh di Kantor Pos Bekasi) sebanyak 2 lembar dengan ketentuan sebagai berikut:

a. 1 (satu) lembar Checklist Kelengkapan Data Pelamar ditempel pada amplop bagian muka dan lembar lainnya dimasukkan dalam amplop.

b. Surat Lamaran melampirkan berkas-berkas persyaratan sebagai berikut :

1) Fotokopi KTP Kota Bekasi yang masih berlaku.

2) Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sah dan telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;

3) Fotokopi surat penetapan pengakuan sederajat dari MENDIKNAS bagi ijazah pendidikan dari luar negeri yang telah dilegalisir/ disahkan oleh pejabat yang berwenang;

4) Fotokopi Akta Mengajar (A-IV) bagi tenaga kependidikan yang telah dilegalisir/ disahkan oleh pejabat yang berwenang;

5) Fotokopi surat pengangkatan sebagai tenaga honorer yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;

6) Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah yang telah dilegalisir/ disahkan oleh pejabat yang berwenang;

3

7) Fotokopi AK/I (Kartu Kuning) yang telah dilegalisir/ disahkan oleh pejabat yang berwenang;

8) Fotokopi SKCK dari Polres yang telah dilegalisir/ disahkan oleh pejabat yang berwenang;

9) Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 X 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar (pada bagian belakang ditulis nama dan tanggal lahir);

10) 1 (satu) buah amplop coklat untuk balasan (ukuran ± 19 x 28 cm), pada bagian depan ditulis Nama, Alamat lengkap pelamar dan Kode Pos serta dibubuhi/ditempel Perangko Rp 4.000,-.

2. Surat lamaran beserta berkas persyaratan sebagaimana dimaksud pada butir 1, dimasukkan ke dalam amplop warna coklat, ukuran ± 30 X 39,5 cm atau 29 x 39 cm, dengan format yaitu pada bagian depan ditempelkan Checklist Kelengkapan Data Pelamar dan ditulis Kode Lamaran, Nama Jabatan yang dilamar dan ditujukan kepada Walikota Bekasi dengan nomor PO BOX seperti contoh gambar berikut:

3. Lamaran dikirim melalui Pelayanan Khusus Seleksi CPNS Kota Bekasi di Kantor Pos setempat dengan nomor PO BOX : a) Tenaga Pendidikan S1 = 711;

b) Tenaga Kesehatan : D III = 721, S1/S2 = 722;

c) Tenaga Teknis/Strategis : D III = 731, S1/S2 = 732.

D. PELAYANAN PENDAFTARAN :

1. Pendaftaran dibuka tanggal 20 s.d 26 November 2008 cap pos, di luar ketentuan tanggal tersebut lamaran Tidak Akan Diproses;

2. Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan sesuai dengan format tersebut di atas dan Tidak Menerima format penyampaian lamaran lainnya termasuk diantar langsung ke Pemerintah Kota Bekasi/Sekretariat Panitia Pengadaan CPNS Kota Bekasi;

3. Lamaran yang memenuhi persyaratan administrasi akan diberikan surat pemberitahuan beserta nomor ujian yang akan dikirim pada tanggal 28 November 2008 melalui Pos, ke alamat pelamar yang tertulis/ tertera pada amplop balasan;

4. Pelamar yang tidak lulus seleksi berkas tidak akan dipanggil, tetapi tetap akan diberikan surat pemberitahuan tentang Tidak memenuhi Syarat mengikuti Ujian Seleksi melalui Pos, ke alamat pelamar yang tertulis pada amplop balasan.

E. PELAKSANAAN UJIAN DAN PENGUMUMAN HASIL SELEKSI :

1. Seleksi akademik akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2008 mulai pukul 08.00 WIB – selesai;

2. Materi tes seleksi meliputi :

a. Tes Kemampuan Dasar ( Tes Pengetahuan Umum dan Tes Bakat Skolastik);

b. Tes Kompetensi Bidang (Tes yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar);

3. Kelengkapan yang dibawa pada saat ujian minimal: Bukti Identitas Diri (KTP/SIM), Surat Tanda Peserta, pensil 2B, penghapus, peruncing/peraut, pulpen, dan papan untuk alas menulis;

4. Hasil Ujian/Kelulusan Seleksi direncanakan akan diumumkan pada tanggal 15 Desember 2008 melalui Media Cetak dan Website Pemkot Bekasi (www.kotabekasi. go.id).

Format Penulisan

Amplop Bagian Depan

AMPLOP COKLAT AIR MAIL

Checklist

Kelengkapan

Data Pelamar

Kode Lamaran,

Nama Jabatan yang Dilamar

KEPADA YTH.

WALIKOTA BEKASI

PO BOX

4

F. LAIN-LAIN :

1. Tidak ada surat-menyurat dan hubungan telepon berkaitan dengan kegiatan pengadaan dan seleksi CPNSD Kota Bekasi Tahun 2008;

2. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan final serta tidak dapat diganggu gugat;

3. Berkas lamaran yang sudah masuk ke panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali.

Demikian agar maklum.

Bekasi, 18 November 2008

2 responses

  1. kasih tau donk info mengenai pengumuman tes tulis cpnsd kota bekasi 2008???????????????????
    katanya kluar tgl 15-12-2008,dari tadi saya cari ga pernah bisa………….
    tolong infonya..&cara mendownloadnya………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s