Book Fair – Pameran Buku

titipan Temen niyh

Hi all,
Ini informasi bagi penggemar buku.
Tadi pagi saya dapat email dari Distributor BukuKita/Agromedia Pustaka memberitahukan bahwa di Jakarta sedang berlangsung pameran dan bursa buku yang diberi judul: “Indonesia Library & Publisher Expo 2009” bertempat di Istora Senayan Jakarta dari tanggal 17 Oktober 2009 hingga 25 Oktober 2009. Saya sempat kaget karena sepengetahuan saya tidak terdengar ada publikasinya sama sekali.
Sorenya saya sempatkan mampir ke Istora Senayan. Dan benar dugaan saya, bahwa disana sepi sekali, tidak terlihat seperti sedang berlangsung sebuah pameran dan bursa buku. Para pengisi stand dalam pameran ini, sesuai judulnya, sebagian besar adalah Perpustakaan2 Daerah/Propinsi dan Departemen, juga para Penerbit. Disamping ada beberapa bookseller perorangan maupun perusahaan. dari pembicaraan saya dengan beberapa pengurus stand, sejak dibuka hari sabtu kemarin, mereka mengeluhkan sepinya pengunjung karena minimnya publikasi. Padahal yang berpartisipasi adalah penerbit2 terkemuka, dan buku2nya juga bagus serta dijual dengan murah, berupa diskon, bervariasi antara 10% hingga 70%, juga ada yang dijual obral (@Rp.5000 atau @Rp.10.000, bahkan ada yang Rp.10.000/3buku) . Sayangnya, daya tarik demikian, informasinya tidak diketahui orang banyak.
Penerbit2 besar yang berpartisipasi antara lain, Gramedia (dan Group), Mizan, Serambi, Kompas, Yayasan Obor Indonesia, LKIS, Ufuk Publishing, Al-Kautzar, Andi.

Agenda Pameran Buku mendatang yang dapat kami catat adalah:

* Indonesia Book Fair, 4-8 Nopember 2009 di Jakarta Conventin Center
* Islamic Book Fair, 5-14 Maret 2010 di Istora Senayan jakarta
* Pesta Buku Jakarta, 2-11 Juli 2010 di Istora Senayan Jakarta.

Demikianlah inormasi saya buat para penggemar buku.
Terima kasih.
Salam hangat,

Tony Soetiyoso

One response

Tinggalkan Balasan

