Demo 9 Desember, GIB Siapkan 10 Ribu Orang

Aktivis Gerakan Indonesia Bersih yang akan mengikuti demonstrasi Hari Antikorupsi se-dunia pada 9 Desember 2009 mendatangi Polda Metro Jaya. Mereka memberitahukan polisi tentang rencana aksi yang sempat dicurigai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Mereka yang mendatangi Markas Polda Metro Jaya itu yakni, Yudi Latif, Adhie Massardi dan Ali Mochtar Ngabalin. Ketiganya mendatangi Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin 7 Desember 2009.

“Ini hanya untuk menginformasikan kalau kita akan menggelar aksi di Monumen Nasional (Monas), yang akan dimulai pukul 12 siang sampai jam 4 sore,” kata Adhie Massardi.

Menurut Adhie, Gerakan Indonesia Bersih rencananya akan mengerahkan 10 ribu orang dalam aksi damai Rabu mendatang. Dalam aksinya nanti, Gerakan Indonesia Bersih juga akan menyatakan tekad dalam bentuk Piagam Indonesia Bersih 2009.

“Ada empat isi piagam itu,” ujar Adhie. Pertama, Indonesia harus bersih dari korupsi tidak cukup hanya pidato antikorupsi. Kedua, lembaga-lembaga negara harus bersih dari koruptor yang merupakan pengkhianat amanat rakyat.

Ketiga, Indonesia harus lebih bersih dari koruptor kasus Bank Century. Terakhir, Indonesia harus bersih dari rekayasa serta konspirasi pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lembaga-lembaga penegak hukum.

Seperti diketahui, Presiden SBY telah menerima informasi dari Badan Intelijen bahwa ada sejumlah gerakan sosial antikorupsi pada Rabu mendatang. SBY khawatir gerakan itu dimanfaatkan dengan motif tertentu. Bahkan, SBY tahu siapa target para demonstran.

“Alhamdulillah, saya dapat pengetahuan yang relatif lengkap, tentang apa, siapa dan sasaran pada 9 Desember mendatang,” kata SBY dalam pidato di Rapimnas Demokrat, Minggu 6 Desember 2009 kemarin.

Pidato SBY yang dinilai sebagai kepanikan itu menuai kritik beberapa tokoh nasional yang akan berperan dalam demo itu.

“Jangan panik lah. Seorang pemimpin tidak boleh panik,” kata mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafii Ma’arif dalam perbincangan dengan VIVAnews, pekan lalu.

ismoko.widjaya@vivanews.com

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s